STREAMING

KABUPATEN MINAHASA MILIKI VARIETAS BAWANG MERAH KWALITAS NASIONAL

Minggu 8 Oktober 2017

 

t_200_130_16777215_00_images_8okt17_2.jpgSektor pertanian di Kabupaten Minahasa mengalami kemajuan yang pesat. Salah satunya dalam upaya pengembangan varietas unggul bawang merah di wilayah sentra pertanian Tompaso.

 

Kementerian Pertanian melaui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) bahkan sudah mengkategorikan bawang merah Lansuna Tompaso menjadi varietas nasional.

 

Hal itu diungkap Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulut, DR Hiasinta Motulo MSi, saat memberikan laporan pada kegiatan temu ladang dan panen bawang merah serta pengembangan benih lokal bawang merah Lansuna, di kawasan perkebunan Desa Tonsewer Selatan, Tompaso Barat, Sabtu (7/10).

 

"Bawang merah yang di tanam di areal perkebunan Tonsewer ini merupakan varietas unggul khas sentra pertanian Tompaso. Perlu diketahui, benih ini sudah menjadi varietas bawang merah nasional yang bersertifikat dan sudah memiliki SK dari Kementerian," papar Motulo.

 

Beberapa keunggulan dari varietas ini, sebut dia, salah satunya bisa ditanam kapan saja tanpa mengenal musim. "Varietas ini meskipun penanamannya dilakukan di luar musim tanam hasilnya akan memuaskan," katanya.

 

Namun, untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan, Motulo menyarankan petani agar mengimbangi proses tanam dengan menggunakan teknologi yang sudah teruji. Seperti penggunaan lampu trap untuk pengendalian hama dan penggunaan pupuk organik.

 

"Pengunaan pupuk organik itu sangat penting, karena selain memacu peningkatan produksi juga menekan biaya. Sebab dengan pupuk organik petani bisa menurunkan penggunaan pestisida sampai 30 persen," ujar Motulo.

 

Untuk penggunaan pupuk organik ini, petani disarankan untuk menggunakan kotoran hewan. Adapun dua jenis organik yang dianjurkan motulo kepada petani yakni kotoran kuda dan kotoran ayam.

 

"Kami sudah praktekkan. Hasil ubinan dengan kotoran kuda produksinya mencapai 20 ton per hektar, sementara ubinan dengan kotoran ayam mampu menghasilkan 24 ton per hektar. Jadi sangat disayangkan jika petani tidak menggunakan teknologi ini," katanya.

 

Balitbangtan sendiri diakui Motulo terus melakukan inovasi untuk mengawal sektor pertanian. Khusus untuk pengembangan benih lokal bawang merah di Tompaso, tujuannya untuk memacu peningkatan produksi di wilayah Sulut.

 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow (JWS) mengatakan bahwa varietas unggulan seperti bawang merah ini akan dikembangkan di sentra-sentra pertanian lainnya.

 

"Intinya pemerintah akan terus bekerjasama dengan para ahli pertanian untuk menggenjot sektor pertanian di Minahasa. Sebab sektor ini sangat berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat," kata Bupati. (Meyke)

 

 

Berita Terkait

Randang Buka Kegiatan Sosialisasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019, Dengah Paparkan Peran Pemkab Dalam Pelaksanaan Pemilu.

Jumat, 20 Oktober 2017

Minut - Setelah melaksanakan tahapan penerimaan pendaftaran bagi Partai politik calon peserta Pemilihan umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah Kab. Minahasa ...

Baca selengkapnya

SEKDA MINAHASA JRK,SAMBUT KEMENKES RI DI RSUD DR.SAM RATULANGI TONDANO

Jumat 20 Oktober 2017

TONDANO,  – Sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng SH M.Si (JRK), menerima kunjungan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama rombongan Media ...

Baca selengkapnya

JWS TERIMA PENGHARGAAN DI BIDANG PENGELOLAAN KEUANGAN

Jumat 20 Oktober 2017

 

Pemerintah Kabupaten Minahasa kembali meraih penghargaan dibidang pengelolaan keuangan dari Kementrian Keuangan Republik indonesia. Penghargaan ini diterima langsung Bupati ...

Baca selengkapnya

DIPIMPIN ASISTEN SIAGIAN, STAND MINAHASA TARIK PERHATIAN DI NUSANTARA EXPO 2017

Kamis 19 Oktober 2017

 

Jakarta - Pemerintah Kabupaten Minahasa turut berpartisipasi dalam Nusantara Expo dan Forum 2017 yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri RI pada Rabu s/d Minggu, 18 - 22 ...

Baca selengkapnya

Jambore Nasional Tagana Bakal Di Hadiri Negara Asean

Kamis 19 Oktober 2017

 

Tondano::Pemkab Minahasa menggelar Rapat Perencanaan Kegiatan Jambore Nasional Tagana dan ASEAN  di ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Selasa, (17/10/2017).

Rapat ...

Baca selengkapnya

Pendaftaran Ditutup, 17 Parpol Terdaftar Sebagai Partai Calon Peserta Pemilu Tahun 2019.

Rabu, 18 Oktober 2017

 

Minut - Semenjak hari Selasa, 03 Oktober 2017 di bukanya pendaftaran bagi Partai politik (Parpol) calon peserta Pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2019 oleh Komisi Pemilihan ...

Baca selengkapnya

Akui Kesalahan, Rimporok Klarifikasi Ketidakadirannya Pada Pendaftaran Partai Gerindra Ke KPU Minut

Rabu, 18 Oktober 2017

 

Minut - Ketidakhadiran Nona Stella Rimporok sebagai salah satu kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang juga saat ini duduk sebagai salah satu anggota Dewan ...

Baca selengkapnya

PKPI Masuk Daftar Partai Calon Peserta Pemilu Tahun 2019, Perekrutan Calon Terbuka Tanpa Biaya.

Selasa, 17 Oktober 2017

 

 

 

 

Minut - Di batas waktu pemasukan berkas pendaftaran Partai politik (Parpol) calon peserta Pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2017, Senin, 16 Otober 2017, Partai ...

Baca selengkapnya

PARTAI GOLKAR LOLOS VERIFIKASI PENDAFTARAN DI KPU MINAHASA

Selasa 17 oktober 2017

 

Di hari terakhir pendaftaran partai politik,Partai golkar kemarin hari senin  16 /10/2017 datang ke komisi pemilihan umun(KPU)minahasa,untuk mendaftarkan partai golkar,  

...

Baca selengkapnya

GUBERNUR SULUT DONDOKAMBEY RESMI TUTUP PORPROV 1X, 2017 DI WALE NE TOU TONDANO

Selasa 17 Oktober 2017

 

Minahasa, - Seminggu di gelar Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Sulawesi Utara ke-IX tahun 2017, setelah 16 tahun silam sempat vacum. Kabupaten Minahasa kini berhasil ...

Baca selengkapnya